Jumat, November 28, 2008

Penerimaan Sakramen Krisma


Minggu, 28 September, sebanyak 165 orang menerima Sakramen Krisma di Gereja Katedral. Penerimaan diberikan secara langsung oleh Bapak Uskup Mgr. I. Suharyo

Dalam homilinya, Bapak Uskup pertama-tama mengucapkan selamat kepada para penerima Sakramen Krisma. Lebih lanjut Bapak Uskup menegaskan bahwa seseorang menerima Sakramen Krisma bukan karena usianya sudah sampai atau gilirannya sudah tiba tetapi karena ia mengambil keputusan. Keputusan pribadi, keputusan iman untuk menjadi warga gereja yang penuh, terlibat dan bertanggung jawab. Menjadi pengikut-pengikut Kristus yang semakin hari semakin setia. Menjadi pribadi yang semakin serupa dan bersikap seperti Kristus. Hal yang pertama harus dilakukan adalah dengan lebih mengenal dan tahu lebih banyak siapakah Kristus itu. Kita perlu lebih mengembangkan, memperdalam dan memperluas pengetahuan iman kita. Beriman tidak sama dengan tahu mengenai macam-macam hal. Beriman adalah bagaimana kita semakin hari semakin serupa dengan Kristus dan semakin dapat bersikap seperti Kristus. Untuk dapat bersikap seperti Dia, kita hendaknya rela membagi kehidupan dengan orang lain seperti teladan Kristus yang telah mengorbankan diri untuk menebus dosa-dosa kita.

Proficiat untuk para penerima Sakramen Krisma. Semoga semakin dewasa dalam iman, hidup menggereja dan dalam hidup bermasyarakat. Tuhan memberkati.

Tidak ada komentar: